Jumat, 22 Januari 2010

Dial Up

Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Masih banyak
orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis. Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).
Perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan Dial-up Connection:
1. Perangkat keras (hardware):
· Komputer
·
Modem
· Saluran Telepon
2.
Perangkat Lunak (software):pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
3. Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu kita lakukan adalah:
1. Berlangganan ke salah satu ISP terdekat.
2. Memasang modem ke komputer kita.
3. Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP.
4. Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar