Senin, 14 Desember 2009

PERILAKU MANUSIA TERHADAP TIK

Dengan semakin majunya zaman, perkembangan TIK pun ikut maju dengan pesat. Kemajuan TIK itu ternyata juga dapat mengubah pola pikir dan perilaku manusia terhadap kemajuan TIK itu sendiri. Perilaku manusia terhadap TIK saat ini ada yang menggunakan dengan semestinya dan adapula yang menyalahgunakannya.
Menggunakan dengan semestinya di sini ialah dapat mengoperasikan secara baik dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan untuk tujuan yang baik-baik. Perilaku ini sudah hampir tinggal hanya 30% dari yang dilakukan oleh manusia terhadap TIK. Sebaliknya perilaku manusia yang menyalahgunakan TIK, yang bisa dibilang merusak generasi bangsa malah hampir 70%. Hal ini dapat dibuktikan, contohnya yaitu: Sekarang banyak remaja dan anak-anak memiliki Hand Phone (HP) yang tergolong canggih. Dan itu tidak sepenuhnya digunakan dengan semestinya seperti mengambil foto atau gambar yang tidak senonoh dari internet yang ada di dalam HP itu, lalu menyebar luaskannya. Tetapi ada juga orang yang masih belum bisa mengoperasikan benda di bidang TIK sehingga orang tersebut selalu meminta bantuan kepada orang lain untk mengoperasikan bendanya itu, tetapi orang yang seperti ini sudah jarang karena hampir setiap orang dapat mengoperasikan benda di bidang TIK. Seperti HP, komputer, dan telepon rumah.
Jadi, untuk mengurangi penyalahgunaan terhadap TIK, kita sebaiknya menambah pelajaran yang membahas tentang akhlak, budi pekerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar