Minggu, 13 Desember 2009

Pendapat Beberapa Masyarakat di Kalangan SMP N 2 Malang

Narasumber : Pak Andika (Satpam SMP N 2 Malang)
Pewawancara: Kelompok 3

1.Bagaimana pendapat anda tentang teknologi saat ini?
*Menurut saya, teknologi saat ini hampir sepenuhnya canggih dapat dilihat di berbagai bidang di sekitar kita.
2.Bagaimana pendapat anda tentang sosial budaya di Indonesia saat ini?
*Menurut saya sosial budaya di Indonesia saat ini masih minim di setiap daerah hampir punah karena kurangnya sosialisasi dan minat masyarakat sekitar.
3.Bagaimana pendapat anda tentang HAM saat ini?
*Menurut saya, perlu ditingkatkan karena sikap individualisme masih tinggi sehingga HAM orang lain kurang dihargai.
4.Bagaimana pendapat anda tentang Hak Cipta saat ini?
*Manurut saya, pematenan hak cipta perlu ditingkatkan agar tidak diakui orang lain. Tidak usah malas untuk mematenkan hak cipta. Toh biayanya tidak terlalu mahal 30% dari hasil.
5.Bagaimana pendapat anda tentang perilaku remaja saat ini?
*Menurut saya, dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini perilaku remaja pun ada perubahan. Ada yang salah menggunakan teknologi sehingga perilakunya pun kadang kala menyimpang.

Narasumber : Bu Endah Pras (Guru Kesenian SMP N 2 Malang)
Pewawancara: Kelompok 3

1.Bagaimana pendapat anda tentang teknologi saat ini?
*Menurut saya, TIK itu bagus, bisa menambah wawasan, jendela pengetahuan, bisa mengetahui perkembangan TIK pada saat ini. Tapi TIK juga membawa dampak negatif seperti banyak disalahgunakan oleh masyarakat.
2.Bagaimana pandapat anda tentang sosial budaya di Indonesia saat ini?
*Menurut saya, sosialologi dan budaya sangat banyak dan itu bagus namun kebudayaan itu kurang dilestarikan sehingga ada bangsa yang mengklain kebudayaan bangsa lain yang terjadi di Indonesia baru-baru ini.
3Bagaimana pendapat and tentang HAM saat ini?
*Menurut saya, HAM harus ditegakkan tapi sekarang banyak kreatifitas-kreatifitas yang terbeleng sekarang juga terjadi banyak ketidakadilan.
4.Bagaimana pendapat anda tentang Hak Cipta saat ini?
*Manurut saya, hak cipta adalah hak milik atau paku seseorang atas penciptaannya tapi sekarang hak cipta kurang dipatenkan. Kebebasan untuk berpendapat kurang ditegakkan bahkan menyimpang.
5.Bagaimana pendapat anda tentang perilaku remaja saat ini?
*Menurut saya, dalam penggunaan teknologi para remaja terlalu pinter sehingga banyak disalahgunakan semacam fasilitas internet seperti facebook, e-mail,dll. Dampak negatifnya adalah lupa belajar. Dampak positifnya adalah bisa menambah pengetahuan, bisa berkomunikasi, bisa belajar melalui internet tanpa harus membaca buku.

Narasumber : Fitriawati
Pewawancara: Kelompok 3

1.Bagaimana pendapat anda tentang teknologi saat ini?
*Menurut saya, TIK berkembang pesat ada dampak negatifnya yaitu:
a. IPTEK semakin luas
b. Memudahkan informasi
c. Komunikasi capat dan mudah
d. Hemat waktu dan tenaga
Dampak negatifnya, jika iman kurang akan disalahgunakan
2.Bagaimana pendapat anda tentang sosial budaya di Indonesia saat ini?
*Menurut saya, sosial di Indonesia di daerah pedesaan cukup tinggi, tapi di daerah perumahan kurang, karena dipengaruhi oleh teknologi sehingga sosialisasinya kurang sedangkan budaya di Indonesia semakin lama semakin tak dilestarikan karena kita tak lagi sayang terhadap budaya sendiri melainkan banyak dipengaruhi budaya negara lain.
3.Bagaimana pendapat anda tentang HAM saat ini?
*Menurut saya, HAM sudah mulai diperhatikan oleh pemerintah tapi pelaksanaannya masih belum maksimal, karena pemerintah sendiri belum memperhatikan orang yang belum mendapatkan keadilan kepada pihak yang salah biasanya menyuap sehingga orang yang tidak bersalah akan bersalah.
4.Bagaimana pendapat anda tentang Hak Cipta saat ini?
*Menurut saya, masih sangatlah kurang diperhatikan banyak orang yang membajak ciptaan orang lain. Seharusnya pemerintah lain tanggap dan merespon agar memberi denda dan hukuman pada para pembajak.l
5.Bagaimana pendapat anda tentang perilaku remaja saat ini?
*Menurut saya, dampak positif sangat baikl untuk wawasan mereka. Mereka jadi lebih tahu cara meeroperasikan teknologi canggih tapi ada juga yang kurang wawasan memakai teknologi yang ada sehingga disalahgunakan oleh si pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar